Jumat, 20 Juli 2012

Permintaan Sapi Potong Jelang Lebaran Meningkat


Jelang Lebaran, Permintaan Sapi Potong Asal Bali Meningkat

Jumat, 08 Juni 2012 01:47 WIB
 
Ist/Ilustrasi peternakan sapi

LENSAINDONESIA.COM: Menjelang lebaran, permintaan sapi potong Bali dipastikan akan melebihi kuota. Bahkan, data di Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP) menyebutkan, jika kini pengiriman sapi potong sudah mencapai 5.000 ekor per bulan.
“Hingga Mei 2012, masih banyak permintaan sapi potong yang belum bisa terpenuhi, terutama untuk ke Kalimantan. Karena, kuota yang terbatas kami tidak bisa memenuhi permintaan ke Kalimantan lagi,” jelas Kepala BPMP Provinsi Bali, IB Made Parwata, di Denpasar, Kamis (7/6/2012).
Untuk pasar Jakarta untuk Mei 2012, suda terserap 26.755 ekor. Jumlah yang terbatas di dikhawatirkan akan dimanfaatkan pengiriman sapi secara ilegal.
“Celah menyelundupkan pasti ada. Karena, mereka melihat permintaan melonjak, tapi kuota terbatas. Untuk itu, diperlukan pengawasan pengiriman yang lebih ketat di lapangan,” tandasnya.
“Salah satu poin penting yang mesti dilengkapi para pengusaha yang memohon izin pengeluaran sapi adalah harus mempunyai kandang penampungan sapi,” jelasnya.
Hal itu, lanjutnya, untuk menghindari praktik nakal jual beli izin. Yakni, pengusaha yang tak punya tapi punya izin dan dijual kembali ke pengusaha lain.
“Sesuai SOP, sapi yang akan dikirim harus 375 kg. Yang merupakan sapi jantan. Tentunya sudah ada keterangan sehat dari pemerintah kabupaten/kota,” tambahnya. @dae

Tidak ada komentar:

Posting Komentar